“Siapsiaga Mitigasi Bencana : Minimalisasi Korban Jiwa”

Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana). Indonesia sudah memiliki badan mitigasi bencana, yaitu BNPB. Dikutip dari laman resmi BNPB, menyikapi kebencanaan yang frekuensinya terus meningkat setiap tahun, pemikiran terhadap penanggulangan bencana harus dipahami dan diimplementasikan oleh semua pihak. Bencana adalah urusan semua pihak. Maka dari itu sistem penanggulangan bencana di Indonesia mencakup beberapa aspek, antara lain: legislasi, kelembagaan, dan pendanaan.

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana (UNISDR) memaparkan bahwa Indonesia merupakan negara paling rawan terhadap bencana di dunia, ditinjau dari jumlah manusia yang terancam apabila bencana alam terjadi. Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana sejak awal tahun 2017 hingga Juni 2018 telah terjadi 4.006 kejadian bencana di Indonesia, berupa tanah longsor, kekeringan, banjir, puting beliung, kebakaran hutan dan lahan, gempa bumi, gelombang pasang/abrasi, letusan gunung api, dan tsunami (BNPB, 2018).

Beranjak dari permasalahan ini, hingga saat ini bencana alam masih menimbulkan kerugian yang besar, baik dari keuangan maupun korban jiwa. Bencana alam di Indonesia sepanjang 2017 dan pertengahan 2018 mengakibatkan 502 orang meninggal dan hilang, 1.469 luka-luka, dan 4.451.980 orang menderita dan mengungsi. Selain itu, bencana alam juga mengakibatkan ratusan ribu rumah rusak dan ribuan fasilitas umum (rumah sakit, sekolah, dan fasilitas lainnya) serta ribuan kilometer jalan mengalami kerusakan.

Mengingat banyak tindakan mitigasi yang masih belum efektif dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebagai implementasi salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, kami sebagai massa FITB 2020 berencana mengadakan aksi guna mengedukasi dan mengkampanyekan tanggap bencana kepada masyarakat  terutama dalam hal gempa bumi dan tsunami. Kami berharap kepada seluruh masyarakat untuk membuka mata dan melihat pentingnya mitigasi bencana agar tidak ada lagi korban jiwa dengan turut serta dalam aksi yang akan kami selenggarakan ini. Mari kita menjadi insan yang siapsiaga serta peduli akan pentingnya mitigasi bencana!

“Sedia Payung Sebelum Hujan, Berjaga-jaga Sebelum Bencana Tiba”

Link channel youtube webinar :

https://youtube.com/channel/UCI9As5Hy5HwQmc1aW09B6UQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *