Transformasi Sumber Daya Mineral dan Energi Tak Terbarukan ke Arah yang Lebih Efektif dan Efisien

Sumber daya mineral merupakan semua cadangan bahan galian yang dijumpai di bumi dan dapat dipakai bagi kebutuhan hidup manusia (Sutardji, 2010). Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya membutuhkan waktu lama. Proses pembentukan sumber daya alam ini serta pemulihannya mencapai jutaan tahun, sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Eksploitasi sumber daya mineral dan batubara serta limbah hasil pengolahan tambang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Kegiatan industri tambang yang menggunakan bahan bakar fosil menghasilkan gas CO2 yang dapat menimbulkan efek rumah kaca sehingga terjadi pemanasan global. Contohnya, seperti lubang bekas tambang di Bengkulu tahun 2017 yang tidak direklamasi sehingga menyebabkan hilangnya fungsi lingkungan yang sebelumnya.

Dewasa ini, energi tak terbarukan semakin menipis. Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rida Mulyana menuturkan, saat ini konsumsi energi di Indonesia masih di dominasi oleh penggunaan bahan bakar fosil. Bahkan, saat ini penggunaan energi fosil mencapai 94 persen dari total konsumsi energi nasional. 

Keberadaan energi terbarukan tidak serta-merta menggusur sektor energi fosil, tetapi merupakan tahap transisi sebelum energi fosil benar-benar habis. Energi terbarukan memiliki potensi untuk menyelesaikan beberapa permasalahan di atas karena dapat menyediakan sumber energi yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa mengorbankan generasi yang akan datang.

Sebagai solusi untuk permasalahan diatas kami membuat video yang  mengangkat tiga isu penting, yaitu:

1. Eksplorasi dan Industri Tambang.

2. Pengembangan Energi Baru Terbarukan.

3. Adaptasi Perubahan Energi di Pola Kehidupan Baru.

Link playlist video aksi: https://bit.ly/33V5LaE

dan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap permasalahan yang terjadi saat pandemi covid 19 ini, kami juga menggalang dana yang hasilnya nanti akan diberikan ke kitabisa.com (penyediaan 100 gawai dan kuota internet untuk kaum dhuafa melaksanakan pembelajaran jarak jauh). Selagi kita masih diberi rezeki yang lancar alangkah baiknya mari kita sisihkan rezeki kita untuk orang-orang yang membutuhkan. Penggalangan dana ini dapat disalurkan ke:

OVO, DANA, dan GOPAY a.n. Najeela Faza Ramadhani (082119977623)

Konfirmasi donasi: https://bit.ly/315X0sa

Batas waktu penggalangan dana hingga tanggal 20 Oktober 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *